Rabu, 27 Februari 2013

Cara Pemberian Vaksin Dan Daftar Hari Pemberian Vaksin

Cara pemberian Vaksin Harus mengikuti ketentuan yang Berlaku :

jangan sesekali Bertindak Sendiri Atau Ceroboh Karena Keberhasihan atau Kebangkrutan Usaha tergantung Pada Pengalaman Anda


Vaksinasi dan Tata Laksananya
Vaksinasi ialah tindakan pemberian vaksin atau bisa diartikan sebagai infeksi buatan yang terkontrol guna menstimulasi pembentukan antibodi yang tinggi (protektif) dan seragam. Vaksinasi hanya boleh dilakukan di daerah peternakan yang telah tercemar oleh bibit penyakit, sedangkan daerah yang belum terserang (clean areas) tidak boleh dilakukan vaksinasi.
Vaksinasi ini bertujuan menstimulasi pembentukan antibodi yang sesuai dengan jenis vaksin yang diberikan. Antibodi sendiri merupakan suatu molekul protein yang dihasilkan oleh sel plasma sebagai akibat interaksi antara limfosit B dengan agen asing, baik mikroorganisme vaksin maupun bibit penyakit. Antibodi ini akan bereaksi spesifik terhadap antigen tertentu. 

Agar pembentukan titer antibodi bisa mencapai optimal maka pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan secara tepat, minimal untuk 3 ketentuan yaitu right vaccine, right time and right way (tepat vaksin, tepat waktu dan tepat aplikasi atau cara pemberian).

Moga Bermanfaat Ya Kawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar