Minggu, 03 Maret 2013

Memilik indukan Ayam Buras atau Ayam Kampung Betina yang Baik


Tips Memilih Indukan Ayam Kampung Asli YAng BAik Untuk Calon Induk
Sahabat ternak, dalam memulai ternak ayam kampung langkah peternak dalam memilih indukan ayam kampung asli haruslah selektif. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil ternak sesuai atau sama dengan induknya. Bagaimana memilih induk yang baik untuk di ternakan? Kami ada sedikit tips memilih indukan baik itu pejantan dan betina. Langsung saja

Untuk menciptakan indukan unggul berkualitas dengan produktifitas tinggi perlu adanya pemilihan induk sebagai andalan untuk dikembangkan. Biasanya dalam pemilihan induk ini dapat dibedakan menjadi 2 kategori yakni untuk budidaya pedaging unggul dan petelur unggul. Untuk pedaging biasanya dipilih pejantannya sedangkan petelur dipilih dari betinanya. Adapun cara memilih induk yang baik ditunjukkan meneliti bagian-bagian tubuh ayam kampung dengan ciri-ciri sebagai berikut :

Ciri-ciri Induk Pejantan Ayam Kampung Pedaging Unggul
1. Bentuk Fisik Ayam
a. Badan
Sudah pasti badan atau tubuh ayam besar, tegap, dan kekar menjadi pilihan untuk dikembangkan. Dengan alasan tubuh besar mampu menghasilkan daging yang besar pula.
b. Kaki
Kaki biasanya dipilih yakni berwarna kuning, kekar, dan sisiknya rapi. Dengan alasan tulang badan juga besar dan kaki kuning lebih diminati ketimbang kaki putih atau hitam. Banyak orang percaya bahwa kaki kuning akan menimbulkan kaldu bila dimasak seperti soto, sup dan lain sebagainya.
c. Bulu
Bulu sering dijadikan sarana daya tarik ketika masih hidup. Bentuk bulu pun diusahakan cari dengan warna dasar yakni hitam. Ada kalanya warna bulu juga menjadi petimbangan dengan alasan warna bulu tertentu memiliki kualitas genetik bagus ketimbang warna lain. Kami lebih memilih warna hitam seperti wiring kuning sebagai andalan dengan alasan masih menjadi incaran bila mencari induk pejantan. Anda dapat melihat berbagai jenis bulu pada artikel kami sebelumnya pada macam-macam bulu ayam kampung. Selain warna bulu bentuk bulu tersusun rapi mencirikan ayam tersebut sehat.
2. Tingkah Laku Laku
3. Umur Ayam
4. Jenis Kelamin Ayam
5. Primbon Jawa Tentang Ayam Kampung
Menurut budaya Jawa, kita dapat memilih induk ayam dengan berdasarkan primbon. Seperti apa pemilihan induk lewat primbon? Lihat di kejayaan ayam menurut warna kaki
6. Keturunan Ayam Unggul
7. Produktifitas Induk Ayam 
8. Tahan Penyakit

contoh induk pejantan kampung unggul
Tips memilih induk pejantan unggul adalah sebagai berikut :
1. Jelas memilih ayam yang sehat. Ciri ayam sehat lihat di tanda ayam kampung yang sehat
2. Memiliki taji, atau jalu serta lanjur (bulu memanjang di ekor) 
3. Warna lebih cerah dimaksudkan lebih cepat terjadi pembuahan
4. Sudah berkokok
5. Paruh pendek mencirikan ayam tumbuh dengan cepat dan besar
6. Dari tingkah laku pilih yang lebih aktif

Ciri-ciri Induk Betina Ayam Kampung Petelur Unggul
1. Bentuk Fisik Ayam
a. Badan
Badan besar mencirikan induk mampu bertelur dengan banyak serta besar
b. Kepala
Pada bagian kepala sering dijadikan pedoman yaitu jengger. Jengger merupakan bagian tubuh ayam kampung dan jika jengger betina lebih lebar dan besar mampu bertelur di atas rata-rata ayam kampung asli yakni 12-14 butir
c. Bulu
Ciri petelur unggul yakni berbulu mengkilat kehijauan atau halus. Biasanya untuk bulu berwarna hitam lebih mudah dikenali. Bulu tertata rapi berarti tanda kalau ayam itu sehat.
d. Kaki
Seperti kaki untuk pedaging kaki dipilih untuk warna kuning agak kemerahan.
e. Umur
Umur betina terbaik yaitu masih dalam masa produksi antara umur 9 bulan hingga 1 tahun 5 bulan.
Contoh induk betina petelur unggul

Tips memilih induk betina ayam kampung unggul untuk praktiknya adalah sebagai berikut :
1. Lihatlah beberapa ciri-ciri fisik seperti di jelaskan di atas.
2. Pegang tubuh ayam dengan kedua tangan dan bandingkan bila ada beberapa pilihan
3. Untuk mengetahui masa produksi tekan di bawah dubur ayam, jika terasa keras itu tanda ayam betina sudah tua.
4. Tanda ayam tidak mengeram dengan baik adalah bentuk jengger yang kecil dan pesek.
5. Dari penampakan tubuh ayam betina terlihat panjang dan tidak kerdil
6. Ciri lain ayam bertelur besar adalah paruh pendek dan kaki besar serta ada ujung hitam di bulu ekor
7. Cari ayam betina bersih, jika ditemukan kotoran maka dipastikan ayam betina tersebut sakit cirinya adalah hidung, mata tanpa air, dubur bersih.
8. Saat di pegang mata tidak merem dan berusaha berontak.
Memang memilih induk ayam kampung unggul memang susah dikarenakan harus memenuhi beberapa kriteria tersebut. Memang untuk sekarang ini banyak peternak maupun ayam di pasaran sudah hasil persilangan seperti ayam bangkok dengan ayam kampung, ayam petelur dengan ayam kampung dan lainnya dengan tujuan mendapatkan ayam kampung unggul. Itulah sebabnya proses pembudidayaan ayam kampung terbilang lama. Untuk mendapatkan ayam kampung unggul memang membutuhkan kesabaran bukan? Jadi, kenapa kita tidak memilih ayam kampung dari sekarang? Akhir kata salam sukses peternak ayam Indonesia


Gabung Via Facebook : http://www.facebook.com/pages/Peternakan-Entok-Itik-Ayam-Kampung/448150541922495?ref=hl ditunggu ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar